Di hampir semua layanan kesehatan, seperti klinik kesehatan, puskesmas ataupun rumah sakit memiliki layanan dokter umum. Berbeda dengan dokter spesialis, dokter umum merupakan dokter yang fokus terhadap pengobatan pada pasien yang mengalami sakit secara tiba-tiba (akut) dan menahun (kronis). Dokter umum sering disebut sebagai dokter layanan pertama karena memang dokter umum berperan dalam memberikan pencegahan, diagnosis, penanganan awal, serta memberikan rujukan ke dokter spesialis apabila diperlukan.

Berbeda dengan dokter spesialis, dalam tugasnya dokter umum memberikan layanan kesehatan secara menyeluruh terhadap pasien. Selain itu, dokter umum juga berperan penting dalam memberikan perawatan medis awal dan berkelanjutan untuk pasien dari segala umur. Jika dalam pasien mengalami kondisi kesehatan yang tidak bisa ditangani oleh dokter umum jakarta pusat dan memerlukan keahlian khusus untuk menanganinya, maka dokter umum biasanya akan memberikan rujukan ke dokter spesialis. Sebagai contoh jika ada seorang pasien ibu hamil yang mengalami pendarahan saat memasuki kehamilan di minggu ketujuh, dokter umum akan melakukan rujukan ke dokter spesialis kandungan agar pasien bisa mendapatkan pemeriksaan dan tindakan lebih lanjut.

Saat datang ke puskesmas atau rumah sakit, antrian dokter umum biasanya memang lebih banyak dibandingkan dengan dokter spesialis. Karena memang pelayanan kesehatan dokter umum tidak terbatas seperti dokter spesialis yang hanya menangani untuk kondisi-kondisi tertentu. Untuk pengobatan diri sendiri dan keluarga pastinya ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik. Maka dari itu, dalam memilih dokter umum untuk berobat pun harus melalui berbagai pertimbangan terlebih dahulu. Agar benar-benar mendapatkan yang sesuai, berikut ini beberapa tips cerdas memilihnya, yaitu:

  • Pilih dokter dengan jam terbang tinggi.

Dokter yang sudah berpengalaman dalam menangani pasien dari berbagai kondisi dan usia tentunya bisa menjadi rujukan yang tepat untuk berobat Anda dan keluarga. Karena tidak hanya teori saja, namun skill ilmu yang terus berkembang membuat dokter lebih bijaksana dalam menangani pasien-pasiennya.

  • Dokter umum dengan berbagai ilmu dan pengetahuan.

Dokter umum memang menjadi dokter layanan pertama bagi pasien dalam berobat. Karena memang harus melalui dokter umum terlebih dahulu baru bisa mengambil rujukan ke dokter spesialis jika diperlukan. Dokter umum memegang peranan penting untuk memberikan perawatan medis awal dan berkelanjutan. Tak jarang juga kerap dilibatkan dalam berbagai disiplin ilmu medis lainnya guna mendukung kesembuhan pasien. Maka dari itu dalam memilih dokter umum, sebaiknya pilih yang memiliki berbagai ilmu dan pengetahuan yang memadai.

  • Memiliki reputasi yang baik.

Dokter umum yang sudah terpercaya pastinya akan sangat membantu pasien dalam berobat. Untuk mencari tahu dokter umum yang sudah terpercaya, Anda bisa mencari informasi dari teman, saudara, atau keluarga untuk rekomendasi dokter umum yang terbaik dan terpercaya untuk berobat.

  • Mudah untuk dihubungi.

Hal ini akan sangat berguna saat Anda membutuhkan pertanyaan terkait kondisi kesehatan sewaktu-waktu.

  • Memiliki misi kemanusiaan.

Tujuan seseorang menjadi dokter pastinya berbeda-beda. Ada yang memang bertujuan untuk kemanusiaan, namun ada juga yang berniat untuk memperkaya diri. Pilihlah dokter umum yang memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi.

  • Dokter dengan fokus terhadap pencegahan, bukan penggunaan obat.

Dokter yang baik tentunya akan memberikan edukasi mengenai pola makan yang tepat, anjuran gaya hidup yang sehat, dll jika menghadapi pasien dengan kondisi medis tertentu. Bukan hanya membebaskan saja, asalkan meminum obat yang diberikan.

Nah, itu tadi beberapa tips cerdas dalam memilih dokter umum. Untuk Anda yang sedang bingung mencari dokter umum Jakarta Pusat, ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda pilih, antara lain praktik dr. Linny Utami, dr. Edwin Wiradian, dr. Suharto, dr. Maryadi Hardjasudarma, dll.