by

Tips Agar Elevator Pitch Lebih Efektif Menggaet Para Investor

Pernahkah kalian mendengar sebuah istilah elevatorpitch? Mungkin bagi mereka yang bergelut di dalam bisnis start up, pastinya istilah tersebut sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Tetapi sebenarnya pemakaian dari istilah ini sendiri tidak hanya terbatas pada bisnis digital saja, di dalam sebuah bisnis apa pun teknik yang satu ini bisa digunakan sebagai salah satu cara jitu untuk bisa menggaet para konsumen ataupun investor.

Elevator pitch sendiri merupakan presentasi bisnis yang sangat singkat. Dan biasanya hanya berlangsung kurang lebih sekitar 10 menit, karena waktunya yang bisa dibilang sangat singkat inilah maka kalian harus bisa mempersiapkan diri serta mentak kalian secara benar-benar untuk bisa mempromosikan bisnis yang kalian miliki kepada para calon konsumen ataupun para klien.

Selain bisa untuk memperkenalkan sebuah produk dari suatu perusahaan, elevator pict ini juga biasanya dilakukan sebagai salah satu ajang untuk personal branding guna memperluas jaringan ataupun menjalin relasi. Jadi, elevator pitch ini merupakan sebuah kegiatan yang bisa dibilang sangat penting sekali.

Berbeda halnya dengan pitching yang pada umumnya, elevator pitch ini lebih sering dilakukan pada acara-acara seperti misalnya event yang serupa ataupun pameran karier. Maka dari itum ketika kalian menghadiri acara yang seperti itu, ada baiknya kalian juga ikut melengkapi diri kalian dengan sebuah materi elevator pitch karena kesempatan untuk bisa bertemu dengan para calon konsumen atau klien itu bisa kapan saja terjadi.

Kemudian, apa saja yang harus bisa dipersiapkan guna untuk melakukan elevator pitch? Sama halnya dengan pitching, kalian bisa menyiapkan sebuah materi pitch dengan sangat baik. Pastikan juga bahwasanya materi untuk elevator pitch itu sudah bisa menjawab tiga pertanyaan yang cukup penting seputar diri kalian untuk personal branding atau seputa produk, yaitu misalnya siapa diri kalian atau produknya, apa saja manfaat dari produk atau apa yang kalian inginkan, dan juga tentang bagaimana cara kerja dari produk tersebut ataupun apa yang kalian lakukan.

Di bawah ini kami juga sudah merangkum beberapa tips agar elevator pitch efektif untuk menggaet para konsumen atau investor, yang tentunya bisa kalian praktikkan.

Atur Urutan Apa yang Akan Dibicarakan

Karena waktu untuk penyampaiannya yang terbilang cukup singkat, maka urutan dari pembicaraannya harus benar-benar kalian atur agar nantinya bisa lebih efektif. Informasi yang nantinya akan di sampaikan secara runtut juga bisa lebih mudah untuk di mengerti, maka dari itu kalian bisa menyampaikan semua informasi secara berurutan dari mulai informasi yang sangat penting untuk para calon konsumen serta klien.

Melakukan Brainstorming

Brainstorming yang di maksud di sini adalah brainstorming ide. Ketika hendak akan membuat sebuah materi elevator pitch, pastinya dikepala akan ada banyak sekali ide yang muncul. Ingin menyampaikan begitu, ingin bilang begini, dan juga seterusnya kalian bisa catat semua ide tersebut. Setelah itu, barulah kalian bisa pilah-pilah dan pilih ide yang menurut kalian sangat penting dan juga bisa kalian gunakan untuk membantu memperlancar jalannya bisnis kalian.

Menuliskan Materinya

Agar apa yang nantinya akan di sampaikan dalam sebuah elevator picth itu tidak akan melenceng ke mana-mana, maka kalian bisa menuliskannya saja. Meskipun pada saat kalian menyampaikannya kalian jangan sampai terlihat seperti orang yang sedang membaca, tapi dengan menggunakan cara ditulis seperti ini maka nantinya fokus kalian tidak akan terganggu.