Wahai para penghuni kota Jakarta! Gimana cara menghabiskan waktu libur Lebaran kamu? Staycation? Seru, tuh! Tapi kamu Cuma diam di dalam kamar hotel di Jakarta aja? Keluar, yuk! Cobain beberapa kegiatan ini, mumpung Jakarta lagi sepi, lho. Bagi sebagian orang pasti bingung mau pergi ke mana saat libur Lebaran. Mau ke pantai? Boro-boro, baru sampai pintu masuk aja ngantrinya bisa keburu sunset duluan. Kebun Binatang (bonbin)? Seru, sih, tapi pasti ramai banget sampai binatangnya gak kelihatan… Apalagi untuk kamu yang against animal cruelty (seperti saya), pasti gak mau untuk diajak ke bonbin, zoos were bad for animal, guys, no offense… Kembali ke laptop!.

Staycation di Salah Satu Hotel di Jakarta saat Libur Lebaran

Bosan, ya? Banyak cara atau kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan waktu libur Lebaran kamu. Tinggalkan kamar hotel di Jakarta sejenak dan mulai kita berpetualang keliling kota Jakarta!

1. Merasakan Nikmat Naik Commuter Line di Kala Sepi

Merasakan Nikmat Naik Commuter Line di Kala Sepi

Yang Anker (Anak Kereta) mana suaranyaaa???!!! Anker sejati pasti sudah hafal tentang pahit manis dan suka dukanya saat naik KRL atau commuter line. Pengin, kan ngerasain naik KRL di saat sepi? Makanya keluar sebentar dari kamar hotel di Jakarta untuk merasakan nikmat dunia ini. Saat Lebaran, sebagian besar masyarakat kota Jakarta akan mudik ke kampung halamannya masing-masing, alhasil Jakarta pun jadi sepi, otomatis KRL yang biasa kamu gunakan dengan berdesak-desakan pun jadi lenggang. Kamu gak perlu khawatir mencium semerbak bau badan penumpang lainnya, dijamin nyaman, deh. Serasa naik kereta di Jepang atau Korea gitu, deh. Tapi gak ada zombienya, kok…

2. Jalan-Jalan di Taman Kota

Jalan-Jalan di Taman Kota

Biasanya kamu malas ke taman kota karena banyak orang pacaran di pojokan atau karena banyak jamet-jamet nongkrong di pinggiran taman. Iya, kan? Mereka semua hilang sejenak ketika libur Lebaran! Mungkin yang suka pacaran di taman sedang mempertemukan kedua belah pihak keluarga masing-masing, dan mungkin para jamet-jamet gaul sedang pulang kampung membantu ibunya memasak ketupat di rumah. Who knows? Taman kota bisa jadi alternatif untuk kamu yang mau menenangkan pikiran, daripada bobo atau bengong di kamar hotel di Jakarta, mending jogging santai sambil cuci mata dengan indahnya pemandangan asri di taman.

3.  Baca Buku Sepuas Hati di Toko Buku Kesayangan

Baca Buku Sepuas Hati di Toko Buku Kesayangan

Kamu gak mudik? Ditinggal ART mudik? Memilih menginap di hotel di Jakarta? Langsung meluncur ke toko buku aja, deh! Leluasa mau baca buku apapun. Ini namanya liburan berkualitas, nih. Mengisi waktu luang dengan membaca buku, majalah, novel, komik, atau buku resep makanan, semua bisa menambah pengetahuan, kan? Siapa tau nanti sepulangnya dari toko buku, kamu bisa jadi chef handal… Pada saat libur Lebaran, toko buku akan lebih sepi dari biasanya, gak banyak orang yang memilih untuk ke toko buku, kenapa? Karena mereka lebih memilih untuk menghabiskan opor ayam buatan ibu tercinta di rumah, hehehe..

4. Menulis Blog di Kafe-Kafe Hits Jakarta

Menulis Blog di Kafe-Kafe Hits Jakarta

Khusus kamu yang rajin dan up to date banget nulis di blog dan tumblr (sebelum di-block). Coba, deh, cari informasi tentang kafe yang tetap buka saat Lebaran. Bayangkan betapa nikmatnya kamu menulis, mencurahkan isi hati kamu dengan tenang di dalam kafe yang nyaman dan kental dengan aroma harumnya kopi, duh! Sebagian orang bisa sangat produktif jika mencium aroma dan kerja di lokasi tertentu. Jika kamu salah satunya, maka kegiatan ini cocok banget untuk kamu lakukan selama libur Lebaran, bisa-bisa selesai lebih dari satu novel dan menjadi penulis terkenal (khayalan tingkat awan kinton).

5. Belajar Sejarah di Museum

Belajar Sejarah di Museum

Pas Lebarannya, sih, hampir semua museum tutup. Tapi libur Lebaran panjang banget, jangan khawatir kamu masih bisa menambah pengetahuan di Museum. Atau kamu lebih memilih untuk duduk-duduk santai sambil piknik ala-ala di luar negeri? Kamu bisa memanfaatkan taman ataupun pelataran museum-museum tersebut. Biar lebih afdol, kamu bisa langsung ke Monas agar feel-nya lebih terasa. Sebagai saran, lebih baik kamu memilih staycation hotel di Jakarta dengan area di sekitar Monas, karena aksesnya mudah, dekat dengan museum, tempat perbelanjaan, dan pusat keramaian di Jakarta Pusat.

Gimana? Kegiatan di atas sedikit memberikan referensi untuk menghabiskan waktu libur Lebaran, kan? Staycation di hotel di Jakarta memang menjadi solusi untuk kamu yang tidak mudik dan malas tinggal sendiri di rumah. Tapi, hanya diam di kamar hotel rasaya pasti bosan, kan? Nah, coba keluar sebentar dan nikmati Jakarta di kala sepi,