by

Rekomendasi Tanaman Rambat untuk Hiasi Area Rumah

Dalam memilih tanaman untuk menghias rumah, terdapat banyak varietas yang bisa dipilih. Salah satunya adalah tanaman rambat, khususnya tanaman rambat yang berbunga dan berdaun lebat.

Untuk area rumah, tanaman rambat biasanya ditumbuhkan di pagar, dinding kosong, atau bahkan di dalam pot dengan maksud menambah elemen dekorasi yang alami.

Tanaman rambat punya ribuan spesies dengan berbagai klasifikasi dan ordo. Untuk Anda yang tertarik menghias rumah dengan tanaman rambat, berikut rekomendasi tanaman rambat yang mudah ditemukan dan dibudidayakan di rumah dari Dekoruma. 

1. Morning Glory

Ciri khas dari tanaman ini adalah bunganya yang berwarna biru atau ungu lembut. Berbeda dengan tipe bunga rumahan populer seperti kamboja atau anggrek, morning glory adalah tipe bunga yang tumbuh merambat. Dengan bunga yang menarik perhatian, morning glory biasa ditumbuhkan di pagar atau tembok sebagai aksen untuk mempercantik ruang kosong di rumah. 

2. Tanaman Dolar atau Climbing Fig

Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari Afrika yang banyak tumbuh di Kenya, Tanzania, dan Zanzibar. Tanaman ini memiliki karakteristik daun-daun hijau tua yang tumbuh simetris dan lebat.

Tanaman dolar yang tumbuh merambat juga sering ditumbuhkan di dinding kosong, terutama dinding luar ruangan sebagai hiasan. Meskipun begitu, tanaman ini juga bisa ditanam dalam ruangan melalui media pot.

Ada mitos yang mengatakan kalau tanaman ini bisa menyebabkan kanker. Tapi tenang saja, mitos itu sudah terbukti tidak benar,

3. Sirih Gading atau Devil’s Ivy

Saat ini, tanaman sirih gading lebih populer sebagai tanaman hias dalam pot yang ditempatkan di dalam ruangan atau sebagai tanaman untuk taman gantung. Meskipun begitu, pertumbuhannya yang merambat membuatnya juga bisa ditumbuhkan secara alami di pagar, atau juga di tanah.

Daunnya yang berbentuk waru dengan gradasi hijau tua dan hijau muda akan menjadi dekorasi pagar atau dinding yang membuat tampilan rumah menjadi lebih hijau dan asri. 

4. Heart Leaf Philodendron

Philodendron adalah jenis tanaman merambat yang punya banyak jenisnya. Setidaknya, ada sebelas jenis philodendron yang populer di tanah air. Salah satunya adalah heart leaf philodendron, yang seperti namanya, mempunyai bentuk daun seperti hati.

Ditambah dengan tumbuhnya tanaman ini yang terkesan “jatuh” ke bawah secara vertikal, tanaman ini bisa ditempatkan di pot dan ditaruh di dalam ruangan atau ditumbuhkan dengan bebas di dinding atau halaman. 

5. Bunga Bugenvil

Bougainvillea Spectabilis atau bunga bugenvil yang punya julukan bunga kertas ini paling sering ditemui di pagar, memberikan efek yang cerah dan cantik untuk fasad keseluruhan rumah. Warna bugenvil yang paling umum adalah ungu atau merah muda, tapi Anda juga bisa menemukan bugenvil kuning, oranye, atau putih. 

6. Piper Betle atau Daun Sirih

Piper betle tergabung dalam keluarga tanaman sirih yang paling umum di Indonesia. Seperti yang diketahui, daun sirih punya banyak manfaat untuk pangan dan kesehatan. Begitu juga dengan fungsi dekorasinya dengan daun hijaunya yang punya guratan-guratan khas daun sirih. Anda bisa membudidayakannya di pot atau biarkan tumbuh bebas di halaman atau sudut rumah.