by

Pelajari Cara Menghitung DP Mobil Baru Sebelum Lanjut Beli

Mobil merupakan alat transportasi yang kini dibutuhkan oleh hampir semua orang untuk memudahkan mobilitas. Dengan memiliki mobil, Anda akan terbebas dari panas, debu, dan hujan. Setiap perusahaan otomotif umumnya menawarkan simulasi DP mobil baru kepada calon pembelinya. Akan tetapi, banyak orang yang belum mengetahui cara perhitungan besaran uang muka yang harus dibayarkan.

Cara Menghitung DP Mobil Baru

Untuk menghitung simulasi DP mobil baru, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu harga mobil tersebut. Harga mobil ini terbagi menjadi dua jenis yaitu harga on the road dan off the road. Harga OTR merupakan harga beli mobil beserta kelengkapan dokumennya. Sementara harga off the road hanya terdiri dari harga beli mobil.

  • Tentukan Besaran DP

Besaran DP mobil baru umumnya berkisar 20-30% dari harga beli mobil tergantung ketetapan pihak dealer-nya. Nah, semakin besar DP yang Anda bayar, maka otomatis cicilan per bulannya juga lebih ringan. Berikut simulasi perhitungan DP mobil baru. Uang Muka = 25% × Rp400.000.000 = Rp100.000.000

  • Tentukan Jumlah Pokok Kredit

Kemudian, Anda perlu menghitung jumlah pokok kredit yang wajib dibayar. Pokok kredit ini bisa Anda hitung dengan mengurangi harga mobil dari DP, yakni sebagai berikut. Pokok Kredit = Rp400.000.000 – Rp100.000.000 = Rp300.000.000

  • Tentukan Tarif Bunga Sesuai Tenor

Tarif bunga per bulan bisa dihitung dengan mengalikan pokok kredit dan persentase tarif bunga yang dibebankan dealer sesuai tenornya. Biasanya, jika Anda mengambil tenor cicilan yang lama, maka besaran cicilan per bulannya akan semakin ringan.

Namun, jumlah dana yang harus Anda keluarkan agar lunas pun justru semakin besar karena persentase bunga yang semakin tinggi. Jadi, jika finansial mendukung, ada baiknya memilih tenor jangka waktu singkat agar segera lunas. Berikut simulasi perhitungannya jika masa tenor 3 tahun dengan persentase bunga 4.5% per tahun. Tarif Bunga = Rp300.000.000 × 4.5% = Rp13.500.000 × 3 tahun = Rp40.500.000

  • Tentukan Cicilan Per Bulan

Selanjutnya, jumlah cicilan tiap bulan bisa diperoleh dengan menjumlahkan pokok kredit dan tarif bunga. Kemudian, dibagi dengan jangka waktu per bulan. Cicilan per Bulan = (Rp300.000.000 + Rp40.500.000) : 36 bulan = Rp9.458.333,33/bulan

  • Tentukan Biaya Administrasi dan Asuransi

Biaya administrasi pembelian mobil baru secara kredit biasanya sebesar Rp550.000 untuk 3 tahun, Rp450.000 untuk 2 tahun, dan Rp350.000 untuk 1 tahun. Sementara, biaya asuransi umumnya berkisar 7.5-9.5% dari harga mobil untuk jangka waktu maksimal 3 tahun.

SEVA, Tempat Beli Mobil Baru dengan Simulasi Kredit Jelas dan Aman

SEVA merupakan pusat layanan pembelian dan tukar tambah mobil baru yang jelas dan aman dengan skema pembayaran mudah. Jasa otomotif di bawah naungan PT Astra International tbk ini sudah memiliki lebih dari 100 outlet dealer di seluruh nusantara. Saat ini SEVA menawarkan mobil dari merk Toyota, Daihatsu, BMW, Honda, Isuzu, dan masih banyak lagi.

Instant Approval merupakan fitur andalan SEVA yang berguna untuk meraih mobil impian sesuai kondisi finansial dengan tingkat keamanan pembayaran yang unggul. Sebelum membelinya, Anda juga bisa mencoba mengendarai mobil untuk mengecek eksterior dan interiornya. Cukup ajukan layanan test drive dan pihak SEVA akan mengkonfirmasinya.

Konsumen juga tidak perlu kesulitan menghitung DP dan cicilan kredit per bulannya. Sebab, SEVA memberikan layanan kalkulator kredit untuk menghitung simulasi uang muka, cicilan, dan tenor sesuai kemampuan Anda. Jadi, Anda tinggal mencari kisaran harga mobil mana yang paling cocok.

Demikian tadi informasi terkait cara perhitungan DP mobil baru yang bisa Anda pelajari sebelum melanjutkan proses transaksi. Sekarang, beli mobil baru lewat gadget dan tanpa ribet bisa dilakukan lewat SEVA. Beragam promo menarik sampai bonus cashback hingga jutaan rupiah bisa Anda dapatkan di SEVA. Yuk, cek ketersediaan mobil idaman di SEVA saja.