Mungkin kebanyakan masyarakat Indonesia memang sudah tidak asing lagi dengan apa itu HIV. HIV sendiri merupakan salah satu penyakit yang dianggap cukup berat dalam dunia kesehatan. Hiv merupakan virus yang bisa menjadi penyebab munculnya penyakit AIDS (Acquired Deficiency Syndrome). Kekebalan tubuh dapat menurun secara drastis bila sudah terjangkit virus HIV. Dalam hal ini akan mempermudah bakteri, virus serta berbagai macam infeksi akan mudah masuk dan menyerang tubuh kita.

Virus HIV memang akan menyerang serta menghancurkan sel CD4 yang tugasnya untuk melawan berbagai macam infeksi dari sistem kekebalan tubuh. Dan akibatnya tubuh akan menjadi lebih mudah terserang virus ataupun bakteri HIV. Tidak sama halnya dengan virus yang lain, disini tubuh Anda tidak mampu untuk menyingkirkan virus HIV sepenuhnya. Apabila Anda sudah di diagnosis menderita penyakit HIV maka virus tersebut akan ada di dalam tubuh Anda selamanya.

Berikut ini adalah beberapa gejala HIV yang perlu Anda perhatikan:

  1. Orang yang terkena atau terjangkit virus HIV biasanya memang tidak menunjukkan gejala yang khusus. Namun Anda juga perlu tahu bahwa orang yang sudah terjangkit virus HIV masih bisa menularkanya ke orang lain. Gejala HIV biasanya akan muncul dalam waktu 2 sampai dengan 15 tahun.
  2. HIV memang tidak merusak organ tubuh manusia. Namun Anda perlu ingat bahwa HIV akan menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga akan mampu menyebabkan berbagai macam penyakit. Gejala-gejala HIV pada umumnya yang akan muncul yaitu seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan yang berlebihan dan berat badan turun drastis. Selain itu juga bisa terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening yang terdapat di leher, ketiak serta pangkal paha.

Apabila Anda sudah mendapatkan gejala-gejala tersebut seperti di atas, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter secara langsung dan ceritakan setiap keluhan yang Anda alami. Hal ini dikarenakan kondisi setiap orang memang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda tidak bisa menduga-duga dan lebih baik segera konsultasikan dengan dokter sehingga Anda akan langsung mendapatkan penanganan medis. Apabila HIV sudah ada di dalam tubuh Anda maka dapat dipastikan hal ini akan sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Ada berbagai macam penyebab yang bisa menjadikan seseorang terkena penyakit HIV. Seperti contohnya yaitu HIV memang sangat mudah menular lewat kontak darah secara langsung dengan orang yang terinfeksi penyakit tersebut, cairan vagina, air mani sampai dengan ASI dari penderita HIV. Selain lewat hubungan seksual ada berbagai macam penyebab lainnya seperti seorang ibu yang sudah terkontaminasi dengan HIV maka biasanya akan menular kepada bayinya. Selain itu bisa juga disebabkan karena saat menggunakan peralatan tato yang tidak steril dan pernah digunakan oleh mereka yang sudah terjangkit virus HIV.

Meskipun sudah banyak orang yang mengerti dan tahu tentang apa itu HIV, namun mereka secara tidak sadar masih melakukan aktivitas yang dianggap bisa menimbulkan atau menyebabkan HIV. Oleh karena itu, kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting dalam hidup manusia. Hindari hal-hal yang tidak ada sehat dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti salah satunya adalah HIV. Apabila sudah terjangkit HIV dampaknya akan sangat meluas kemana-mana dan bisa juga Anda secara tidak sengaja akan menularkan virus Anda tersebut kepada orang-orang yang ada di sekitar Anda. Terlebih bagi Anda yang masih lajang bila sudah nikah dan punya keturunan besar kemungkinan anak Anda juga bisa terjangkit virus HIV.