by

Mengenali 3 Ciri Seseorang yang Terinfeksi Virus Corona Tanpa Gejala

Wabah virus Corona yang belakangan ini menjadi pandemi memang melumpuhkan kondisi ekonomi yang ada di seluruh negara. Hampir semua sektor bisnis terkena imbasnya. Tak terkecuali juga Indonesia yang masih termasuk negara berkembang. Ditambah lagi pemerintah juga cukup kewalahan di dalam menangani banyaknya pasien Covid 19 yang semakin lama jumlahnya juga senantiasa mengalami peningkatan. Termasuk juga angka yang mati disebabkan oleh penyakit tersebut.

Berbagai macam upaya tetap dilakukan untuk menekan resiko penyebarannya. Karena memang sifat penularannya sendiri terbilang begitu cepat. Dimana ia mulai ditemukan setidaknya adalah pada akhir tahun 2019 lalu, namun sampai sekarang ini imbasnya semua negara sudah terjangkit. Pastinya Anda sendiri tidak ingin terjangkiti bukan. Untuk itu penting sekali dalam mengupayakan berbagai macam langkah pencegahan agar tidak sampai tertular penyakit Covid 19 ini.

Patut untuk diketahui ternyata banyak diantara penderita Covid 19 ini yang termasuk sebagai kategori orang tidak bergejala. Hanya saja mereka terinfeksi oleh virus Corona. Kategori orang semacam ini biasanya menjadi yang paling rentan atau cepat di dalam menyebarkan virus tersebut kepada yang lainnya, tanpa mereka sendiri sadari, untuk itu patut berhati-hati. Berikut ini diantaranya ciri infeksi dari Coronavirus yang wajib diwaspadai meskipun tanpa gejala yaitu:

  1. Membawa virus tanpa disertai dengan gejala, artinya kalangan semacam ini dikatakan juga sebagai carrier, yaitu golongan orang yang memang membawa virus tersebut di dalam diri mereka, hanya saja tidak disertai dengan adanya gejala dalam bentuk apapun. Contohnya adalah baru saja jalan-jalan dari luar negeri, sebenarnya mereka sudah terpapar oleh virus tersebut, hanya saja tidak menunjukkan gejala yang nyata. Namun orang yang ada di sekitarnya bisa tertular oleh virus yang dibawa tersebut.
  2. Berusia muda, ciri yang lainnya adalah kebanyakan diantara pasien tersebut masih berusia muda. Karena memang orang-orang dengan usia muda memiliki sistem imuns atau kekebalan tubuh yang kuat. Alasan yang membuat mereka menjadi tidak mudah terinfeksi oleh virus. Bahkan jika seandainya terinfeksi maka kondisi sistem imunsnya yang kuat tersebutlah nantinya akan melawan virus ini, sehingga tidak merasakan gejala apapun.
  3. Kehilangan indera perasa, meskipun tidak memiliki gejala yang tampak, namun dari beberapa kasus sebenarnya tetap dapat dilihat beberapa jenis gejala yang menyertai ketika seseorang terinfeksi oleh Coronavirus tersebut. Diantaranya adalah mereka akan mulai kehilangan indera perasanya, ini berkaitan dengan hidung dan juga lidah atau istilahnya adalah anosmia, membuatnya menjadi kehilangan selera makan juga. Karena indera pengecapnya memang tengah bermasalah. Jangan sepelekan kondisi semacam ini.

Itulah setidaknya 3 ciri orang yang sebenarnya terinfeksi oleh Corona, namun tanpa disertai dengan gejala yang tampak seperti diantaranya adalah batuk kering, demam tinggi sampai dengan sesak napas. Justru kalangan semacam ini lebih membahayakan dibandingkan dengan mereka yang memiliki gejala tampak. Mengingat potensi untuk menularkan kepada lebih banyak orang juga semakin tinggi.

Terapkanlah upaya pencegahannya, mulai dari membiasakan gaya hidup bersih layaknya mencuci tangan menggunakan sabun, kemudian juga menggunakan masker ketika keluar rumah sampai dengan menerapkan physical distancing. Sehingga dapat terhindar dari infeksi virus Corona. Hanya saja jika seandainya Anda mulai merasakan gejalanya maka segera periksa ke dokter sebelum bertambah parah. Temukan informasi kesehatan menarik lainnya agar bisa terhindar dari Covid 19 ini di situs Halodoc.

News Feed