by

Mengalami Gangguan Prostat? Segera Periksakan Diri ke Dokter Spesialis Urologi di Depok

Bagi para pria yang berusia lebih dari 50 tahun, memiliki resiko terkena gangguan prostat lebih besar dibandingkan usia yang lebih muda. Gangguan ini bisa mengarah ke kanker prostat yang hingga kini diderita oleh lebih dari 25 ribu pria. Kanker prostat sendiri merupakan penyakit yang disebabkan karena tumbuhnya sel abnormal dan ganas pada jaringan prostat. Jaringan prostat adalah sebuah kelenjar yang menghasilkan cairan pelindung sperma dan untuk menyalurkan sperma. Prostat terletak di bawah kandung kemih dan termasuk dalam organ urologi sehingga Anda yang memiliki gangguan di bagian prostat maupun kandung kemih bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi di Depok untuk tindakan pengobatan lebih lanjut.

Urologi sendiri merupakan cabang ilmu kesehatan yang menangani masalah pada kandung kemih, ginjal, ureter, kantung kemih, dan uretra pada pria dan wanita. Selain itu urologi juga menangani gangguan kesehatan yang terjadi pada prostat, testis dan saluran sperma pada pria. Urologi juga menangani masalah pada anak ginjal terutama pada kasus tumor di kelenjar anak ginjal.

Untuk kasus kanker prostat, pria dengan usia di atas 50 tahun memiliki resiko yang lebih besar apalagi jika di dalam keluarga memiliki riwayat penderita kanker prostat. Untuk itu mereka yang memiliki resiko lebih besar sebaiknya melakukan screening dengan teratur yaitu melakukan tes PSA (prostate spesific antingen). Dengan melakukan test PSA, kanker prostat dengan stadium dini bisa terdeteksi sehingga tindakan penyembuhan yang bisa dilakukan akan semakin mudah dengan kesempatan sembuh yang semakin besar. Pada kondisi normal tanpa test yang dilakukan, kanker prostat umumnya terdeteksi ketika sudah masuk dalam stadium lanjut dengan menunjukkan gejala air seni mengandung darah, nyeri saat ejakulasi dan nyeri di bagian punggung dan panggul.

Selain melakukan uji PSA, dokter urologi juga bisa melakukan test Digital Rectal Examination untuk memeriksa ada atau tidaknya benjolan pada rectum. Selain itu bisa juga dilakukan MRI, USG dan CT Scan untuk melihat keparahan dari kanker prostat yang ditemukan. Berdasarkan temuan test tersebut, dokter urologi beserta dokter bedah lainnya bisa menentukan metode penanganan dan pengobatan yang bisa dilakukan misalnya operasi pengangkatan prostat atau obat-obatan kemoterapi. Bagi pasien dengan kondisi stadium awal, dapat dilakukan operasi prostat menggunakan tehnik laparoskopi yang akan memberikan keuntungan bagi pasien dalam hal luka akibat operasi yang lebih kecil dan lebih cepat sembuh. Sedangkan untuk pasien dalam stadium lanjut, pengobatan bisa dilakukan dengan tehnik radiasi atau obat-obatan.

Dokter spesialis urologi juga memiliki subspesialisnya yang dapat memeriksa dan menangani dengan lebih detail mengenai masalah gangguan prostat. Di kota Depok, Anda bisa memeriksakan diri pada ahli Urologi ternama yang umumnya membuka praktek di rumah sakit besar di kota tersebut. Anda bisa langsung mendaftar di spesialis urologi atau mendapatkan rujukan terlebih dahulu dari dokter umum keluarga apabila menggunakan kartu BPJS.

Selain dokter spesialis urologi di Depok yang membuka praktek di rumah sakit besar, Anda juga bisa langsung mendaftar di spesialis urologi yang membuka praktek sendiri di klinik atau rumah. namun untuk fasilitas yang lengkap dan terpadu memang sebaiknya Anda memeriksakan diri ke rumah sakit terutama untuk pasien baru. Sedangkan untuk masa kontrol setelah pengobatan, Anda bisa memeriksakan diri ke tempat praktek dokter non rumah sakit jika memang lebih mudah dan cepat.

News Feed