by

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Ginjal

Kegiatan sehari-hari, seperti berolahraga, bekerja atau aktivitas lainnya, ditambah kita melakukan aktivitas-aktivitas tersebut pada cuaca yang panas, pasti akan menguras energi kita. Salah satu cara kita untuk menyegarkan tubuh kita kembali adalah dengan cara meminum air. Air yang mempunyai rasa atau berwarna, air dingin, atau bahkan minuman berenergi, menjadi pilihan utama bagi kita untuk melepas dahaga dikala cuaca panas dan tubuh yang lelah. Apabila kebiasaan tersebut sering dilakukan, ada baiknya kita hentikan, karena kebiasaan tersebut sangat mempengaruhi kinerja ginjal kita.

Apa itu Ginjal dan Manfaat Air Bagi Ginjal?

Ginjal adalah organ tubuh yang terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang, dan dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang. Ginjal sendiri adalah salah satu organ dengan fungsi vital dalam kehidupan. Ginjal terdiri dari dua bagian, yaitu kiri dan kanan, hal tersebut menunjukan bahwa ginjal merupakan organ yang sepasang. Ukurannya kira-kira berkisar 10–12 sentimeter atau sebesar kepalan tangan. Organ ini mengandung sekitar satu juta nefron, yaitu saringan darah yang sangat kecil. Organ yang relatif kecil ini memiliki berbagai macam peran penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu ginjal juga mempunyai fungsi. antara lain:

  • Menyaring dan Membuang Limbah Pada Tubuh

Ginjal memiliki peran penting dalam pembuangan racun, kadar garam yang berlebihan, dan urea (limbah mengandung nitrogen hasil dari metabolisme protein). Dengan terbentuknya urea tersebut, maka darah akan mengalirkan urea tersebut menuju ginjal untuk dibuang. Tanpa organ ini, limbah dan racun akan menumpuk dalam darah.

  • Mengendalikan Keseimbangan Air Pada Tubuh

Salah satu fungsi ginjal adalah mengendalikan dan memantau keseimbangan air dalam tubuh. Melalui organ ini, seluruh jaringan tubuh dipastikan menerima air agar dapat bekerja dengan baik. Ginjal akan bereaksi terhadap perubahan kadar air dalam tubuh. Ginjal akan menahan air, bukan membuangnya ketika tubuh sedang mengalami dehidrasi.

  • Mengatur Sel Darah Merah

Oksigen merupakan unsur penting dalam peredaran darah. Ketika tubuh tak mendapatkan cukup oksigen, maka ginjal akan mengeluarkan hormon eritropoietin. Hormon eritropoietin berfungsi untuk merangsang produksi sel darah merah lebih banyak yang berguna untuk membawa oksigen. Jika sel darah merah atau kadar oksigen sudah normal, hormon tersebut akan berhenti diproduksi oleh ginjal.

  • Mengatur Tekanan Darah dan Kadar Garam Pada Tubuh

Mengatur tekanan darah dan kadar garam dalam darah juga merupakan fungsi ginjal. Ginjal akan memproduksi enzim renin sebagai prosesnya. Ketika menyaring darah, aliran dan tekanan darah yang stabil dibutuhkan oleh ginjal. [1]

Seperti penjelasan di atas mengenai fungsi-fungsi ginjal, kita jadi tahu betapa pentingnya kita menjaga kesehatan ginjal kita dan tidak memperberat fungsi ginjal. Salah satu cara agar kita memperingan kinerja ginjal adalah dengan cara meminum air putih secara berkala dan secukupnya setiap hari. Anjuran mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air dalam sehari tidak dapat diterapkan untuk semua orang. Memang angka ini cukup mudah diingat dan cukup mewakili kebutuhan rata-rata harian orang dewasa pada umumnya.Nyatanya setiap orang memiliki kondisi yang berbeda sehingga membutuhkan asupan air mineral yang berbeda pula. Selain jumlah yang harus dikonsumsi, memperhatikan kualitas air minum juga penting untuk ginjal demi tubuh yang sehat.[2] Sehingga manfaat air bagi kesehatan ginjal sangatlah penting, seperti Melancarkan proses menyaring darah untuk membuang limbah. Ginjal yang sehat dapat menyaring 150 liter darah per harinya, sehingga Lewat penyaringan ini, ginjal membuang limbah (zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh) dalam darah, seperti natrium, kalium, fosfor, kalium. Air dalam tubuh akan membantu menjaga pembuluh darah terbuka, sehingga darah dapat melewati ginjal dengan lancar. [3] Lalu, Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal. Dehidrasi dapat menyebabkan penumpukan limbah dan asam dalam tubuh serta menyumbat ginjal dengan protein otot (mioglobin). Semua ini bisa melukai ginjal. Dehidrasi juga dapat berkontribusi pada pembentukan batu ginjal dan infeksi saluran kemih yang mengakibatkan kerusakan ginjal jika tidak ditangani dengan cepat. Dengan kata lain, minum air yang cukup kita dipastikan terhindar dari dehidrasi, dan mencegah terbentuknya batu ginjal. [4]

Agar peran air putih tetap optimal untuk kesehatan tubuh, pemilihan air minum yang berkualitas menjadi faktor penting. Air mineral menjadi pilihan tepat untuk membantu kecukupan mineral untuk tubuh, yang diperlukan untuk menghindari terjadinya dehidrasi. AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Demi memastikan mutu air tetap baik, AQUA melakukan sebanyak 400 cek kualitas dipadu dengan proses pengemasan berteknologi tinggi untuk menjaga kualitas air minum terbaik AQUA hingga ke tangan konsumen. Jadi, demi kesehatan ginjal, minumlah selalu air dalam jumlah cukup. Dan jangan lupa pilih air minum terbaik dari AQUA yang mengandung mineral yang seimbang dan terjaga kualitasnya untuk kesehatan tubuh. [5]

  1. https://www.halodoc.com/kesehatan/fungsi-ginjal
  2. https://www.sehataqua.co.id/manfaat-air-putih-untuk-ginjal-dan-tubuh-yang-sehat/
  3. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/fungsi-air-untuk-ginjal/#gref
  4. https://www.halodoc.com/artikel/awas-kurang-minum-air-putih-bisa-sebabkan-gangguan-ginjal
  5. https://www.sehataqua.co.id/world-kidney-day-sebarkan-manfaat-air-minum-terbaik-demi-kesehatan-ginjal/

News Feed