Relasi dengan pelanggan tidak berakhir begitu saja setelah barang atau jasa dikirimkan ke customer, malahan justru baru akan dimulai. Sebuah tim after sales yang baik dapat mengembangkan atau menghancurkan visi perusahaan saat memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan. Cukup penting membuat pelanggan anda puas dan bahwa mereka tahu perusahaan tidak mengambil klien mereka begitu saja. Sebagian besar perusahaan memiliki titik pusat untuk urusan after sales namun teknologi sekarang memungkinkan untuk komunikasi jarak jauh, customer service sekarang diciptakan untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan.

Sebuah usaha kecil biasanya memiliki satu customer service terpusat yang bertanggung jawab atas semua masalah tetapi perusahaan besar memiliki beberapa orang untuk mengurus berbagai kebutuhan. Ada beberapa perusahaan memiliki customer service sendiri namun ada juga yang outsourcing dari perusahaan lain yang menyediakan layanan ini baik dari dalam negeri atau luar negeri. Perhatikan bahwa pelanggan yang mendapatkan manfaat dari customer service mungkin adalah klien perusahaan sekarang yang telah membeli barang / jasa atau karyawan sendiri.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai layanan pelanggan untuk kendaraan truk Indonesia terbaik, yakni Mitsubishi. Dalam sejarah perjalanan Mitsubishi, tahun ini mendapat peringkat tertinggi dalam kepuasan pelangan untuk layanan purnajual di Indonesia. Skor yang diraih didapat melalui survey kepada pemilik kendaraan sebanayk 2.786 responden. Survei dilakukan terhadap pemilik kendaraan yang melakukan pembelian dan servis kendaraan di dealer dan perbaikan mobil di dealer resmi Mitsubishi mulai dari Februari 2018 sampai Juni 2019. Skor yang didapat 819 poin. Skor ini merupakan skor tertinggi yang pernah didapat selama perjalanan bisnis Mitsubishi di Indonesia.

Lima factor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah ketika melakukan di dealer. Sudah cukup banyak dealer yang tersedia, mulai dari dealer truk fuso, dealer tractor head, dan dealer produk lainnya menyediakan layanan service. Kelima factor tersebut, yakni kualitas servis, inisiasi servis, pengambilan kendaraan yang telah selesai diservis, servis advisor, serta fasilitas servis. Layanan perawatan dan perbaikan kendaraan yang didukung oleh mekanik handal dan berpengalaman dengan peralatan bengkel yang canggih serta ketersediaan ruang tunggu yang nyaman. Selain servis, Mitsubishi juga menyediakan layanan call center 24 jam.