by

Jenis-jenis Investasi yang Menjanjikan

Dengan membiarkan uang kamu hanya tersimpan di rekening tabungan sehingga tidak akan bisa membuat kamu menjadi sejahtera di masa depan. Malah justru metode menabung konservatif tersebut akan membuat nilai uang akan terus menurun karena tergerus kenaikan harga barang ataupun inflasi.

Lantas bagaimana sih cara menyiasati supaya nilai harta kamu tidak tergerus atau justru bisa bertambah? Kamu juga bisa cobalah melirik jenis-jenis investasi yang menguntungkan dan juga harus kenali bentuk investasi apa saja.

Istilah atau kata investasi memang makin populer belakangan ini. Sehingga makin banyak pula anak muda yang berasal dari generasi milenial yang akan menempatkan dananya ke berbagai jenis investasi yang sangat sesuai keinginan mereka. Kamu pun mungkin termasuk salah satu di antaranya. Akan tetapi, berbagai model investasi sudah lama akan dilakukan generasi-generasi sebelumnya, yakni khususnya baby boomers.

Pada umumnya, investasi generasi baby boomers dan juga milenial tidak berbeda jauh. Pada jenis investasi yang kerap dipilih oleh generasi baby boomers juga sering dilakukan pula oleh generasi milenial. Namun perbedaan mencolok di antara pilihan investasi kedua generasi ini hanyalah pada baby boomers yang cenderung berhati-hati dan memilih jenis investasi yang punya risiko rendah. Namun di sisi lain, milenial juga lebih agresif dan berani bertaruh pada produk investasi yang punya risiko tinggi.

Nah berikut ini adalah jenis-jenis investasi yang populer di kedua kalangan generasi tersebut yang bisa kamu coba.

1.  Investasi Properti

Pertama jenis investasi ini ialah salah satu favorit generasi baby boomers. Yang nilai propertinya cenderung terus naik dan sulit turun sehingga membuat jenis investasi ini telah dinilai paling aman untuk mengamankan nilai harta, sekaligus memperoleh keuntungan yakni di masa mendatang.

Bila kamu menaruh sejumlah dana untuk membeli rumah, tanah, dan apartemen maka kemungkinan kenaikan harga properti tersebut juga bisa mencapai 10% sampai 15% dalam setahun. Itu artinya, jika menginvestasikan sejumlah dana untuk properti dan juga didiamkan saja selama 10 tahun, maka kamu berkesempatan meraih keuntungan 100% – 150%.

Namun hanya saja, generasi milenial yang tidak terlalu banyak yang menaruh uangnya di properti yakni dikarenakan harga properti yang saat ini sudah terlalu tinggi juga.

2. Investasi Emas

Kedua investasi emas dengan harga emas yang mengalami kenaikan yang cukup tinggi sepanjang tahun 2020 lalu membuat generasi milenial juga kembali melirik jenis investasi yang satu ini. Karena emas dianggap menjanjikan untuk dijadikan sebagai investasi jenis jangka menengah hingga jangka panjang.

Dan ditambah lagi, emas bersifat sangat cair karena dapat diuangkan kapan saja. Dengan alasan ini pulalah yang membuat banyak orang memilih berinvestasi emas, dan sekaligus akan menjadikannya sebagai dana darurat.

Akan tetapi, generasi baby boomers-lah yang paling suka untuk menginvestasikan uangnya ke dalam bentuk emas. Untuk penyimpanan dana ke emas dikarenakan harga emas yang tidak pernah surut terlalu dalam serta juga bisa langsung mempertahankan nilai uang.

Namy generasi baby boomers juga biasanya berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan. Namun hanya saja beberapa waktu terakhir, milenial juga menyadari investasi emas dalam bentuk logam mulia ataupun batangan jauh lebih menguntungkan.

Bagaimana setelah kamu melihat jenis-jenjs investasi di atas mana yang akan kamu pilih sebagai ladang investasi yang bisa menguntungkan.

News Feed